Open Conference Systems - Universitas Tanjungpura, Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi 2017

Font Size: 
ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA AUTIS DI SMPLB CAHAYA BANGSA PONTIANAK
Dedek Kurniawati, Siti Nur Asmah, Sudirman Sudirman

Last modified: 2017-08-19

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia tidak hanya diajarkan pada sekolah umum atau biasa. Sekolah Luar Biasa pun mewajibkan mata pelajaran ini untuk diajarkan pada peserta didiknya. Namun, metode, media dan materi pembelajaran tentunya memerlukan keahlian khusus dalam penerapannya, terutama bagi siswa yang berkebutuhan khusus. Dalam hal ini dispesifikkan pada siswa autis di SMPLB Cahaya Bangsa Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan materi, metode dan media yang diaplikasikan pada sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Adapun tahapannya terdiri atas empat, yaitu tahap pra lapangan, tahap lapangan, tahap analisa data dan tahap penulisan laporan. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu materi yang diajarkan dikemas dalam bahasa yang sederhana dengan cakupan yang tidak terlalu luas. Selanjutnya, metode pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa autis tersebut adalah visual, modelling, prompting, fading dan shaping. Kemudian, media yang sering digunakan oleh guru adalah media visual yang dapat langsung dilihat dan disentuh oleh siswa tersebut, sehingga memberikan pengalaman yang mendalam bagi mereka. Sasarannya bukan menjadikan siswa untuk pintar dalam bidang akademik, tetapi untuk menumbuhkan kemandirian siswa dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


pembelajaran, bahasa, Indonesia, siswa, autis

References


AR Syamsuddin, dan Damaianti S. Vismaia. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

Azwandi, Yosfan. 2005. Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Dewi, Syarifah Komala. dkk. 2015. Analisis Situasi Pembelajaran Matematika pada Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Djamarah,  Bahri  Syaiful  dan  Zain,  Aswan.  2010.  Strategi  Belajar  Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dodd, Susan, (2007), Understanding Autism. Sydney: Elsevier.

Jamaris, Martini. 2003. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Sanjaya, Wina H. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Kharisma Putra Utama, Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno. 2010. Jurnal Pendidikan Khusus. Universitas Yogyakarta. http://Jurnal Pendidikan Inklusi Untuk  Anak Usia Dini.html. Diakses 5 Febuari 2013.

Semi, M. Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Latuheru, John D. 1998. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud & P2LPTK.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana dkk. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.


Full Text: PDF