Open Conference Systems - Universitas Tanjungpura, SEMINAR NASIONAL PENERAPAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI 2018

Font Size: 
PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT DIPADU METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP
Leviansyah Leviansyah, Kurnia Ningsih, Laili Fitri Yeni

Last modified: 2018-08-08

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script dipadu metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMPN 5 Pontianak. Bentuk penelitian quasy experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan intact group, dengan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 14,09 sedangkan kelas kontrol adalah 12,83. Berdasarkan hasil uji U Mann-Whitney, diperoleh Zhitung (-2,79) < -Ztabel (-1,96), terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran cooperative script dipadu metode diskusi dan model konvensional. Nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,67 dengan kategori sedang, menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model cooperative script dipadu metode diskusi memberikan pengaruh sebesar 24,86% terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 5 Pontianak.

Keywords


model cooperative script; metode diskusi; hasil belajar; pencemaran lingkungan

Full Text: PDF