Last modified: 2018-08-15
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dosen Prodi pendidikan Bahasa Inggris yang berjumlah 5 orang. Tehnik pengumpulan datanya antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan metode pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tergolong baik dan berhasil dilihat dari pemenuhan kriteria pelaksanaan metode pembelajaran. Dosen mampu merangsang keingintahuan mahasiswa dengan mengarahkan mahasiswa untuk bertanya, aktif di kelas sehingga memicu semangat dan memotivasi mahasiswa untuk menerima dan memahami materi yang diberikan, dosen juga memberikan tugas dengan penggunaan waktu yang efisien dan membentuk kelompok belajar yang hiterogen. Berdasarkan penelitian ini, dosen disarankan dalam setiap proses pembelajaran selalu berusaha menciptakan suasana kelas yang nyaman dan bersahabat. Selain kepada dosen, mahasiswa juga diharapkan dapat berperan aktif sehingga dapat terjadi umpan balik dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung.