Open Conference Systems - Universitas Tanjungpura, SEMINAR NASIONAL PENERAPAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI 2018

Font Size: 
ANALISIS KREATIVITAS MEMODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK
Erni Fatmawati, Zainal Arifin

Last modified: 2018-08-10

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa IKIP PGRI Pontianak didalam memodifikasi media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 353 mahasiswa. Jumlah sampel berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan yaitu 185 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan alat pengumpul data berupa angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa IKIP PGRI Pontianak masih perlu ditingkatkan. Hal ini dilihat dari: 1) keluwesan berfikir (flexibility) mahasiswa didalam memberikan jawaban-jawaban atau pertanyaan-pertanyaan yang bervariasi dan melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda; 2) Kelancaran berfikir (fluency of thinking) mahasiswa untuk menghasilkan banyak ide dan pemikiran secara cepat; 3) Elaborasi (elaboration) mahasiswa didalam mengembangkan gagasan dan memperinci detail suatu objek sehingga menjadi lebih menarik; dan 4) Originalitas (originality) mahasiswa untuk mencetuskan gagasan unik.

 

Kata kunci: Analisis, kreativitas, media, pembelajaran

Full Text: PDF