Open Conference Systems - Universitas Tanjungpura, SEMINAR NASIONAL PENERAPAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI 2018

Font Size: 
Analisis Komoditas Unggulan Pertanian Tanaman Pangan berdasarkan Metode Location Quotient (LQ) di Kabupaten Karanganyar Tahun 2014-2016
Umrotun Umrotun, Anisa Arya Luvianita

Last modified: 2018-06-19

Abstract


Komoditas unggulan pada sektor pertanian khususnya pertanian bahan pangan dapat digunakan sebagai dasar dalam penentuan prioritas pengembangan tanaman pertanian.Pembangunan pertanian bertujuan untuk meningkatkan hasil dan mutu produksi, meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis komoditas unggulan Tanaman Pertanian Pangan di Kabupaten Karanganyar berdasarkan nilai indeks Location Quotion (LQ) dan menganalisis perkembangan tanaman pertanian pangan di Kabupaten Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data sekunder dengan menggunakan analisis Location Quotient (LQ) serta wawancara mendalam. Dengan rumus LQ maka akan dihasilkan indeks untuk menentukan suatu kecamatan termasuk basis atau non basis pada suatu sektor tanaman pangan.apabila LQ>1 (Sektor Basis), LQ=1 (Swasembada), LQ<1 (Non Basis).Hasil penelitian ini adalah Peta Komoditas Unggulan Tanaman Pertanian Pangan yang terdiri dari kelas basis atau non basis Sektor basis tanaman pertanian pangan di Kabupaten Karanganyar serta tabel LQ, Sektor basis tanaman pertanian pangan di Kabupaten Karanganyar tersebar pada wilayah dengan jenis tanah latosol coklat kemerahan dan mediteran coklat karena sangat cocok untuk pertanian, serta curah hujan yang cukup baik 1500-2000 mm/th. Perkembangan tanaman pertanian pangan padi cenderung stagnan, sedangkan untuk tanaman jagung, ubi kayu, ubi jalar dan kacang tanah cenderung fluktuatif. Pertanian tanaman padi lebih cocok di kembangkan di kecamatan Jaten, tanaman jagung dan kacang tanah di Kecamatan Jumantono, tanaman Jatiyoso di Kecamatan Jatiyoso, tanaman ubi kayu di Kecamatan Tawangmangu


References


Bappeda. (2014). Berita Pertanian Kabupaten Karanganyar. [Online] dariwww.karanganyarkab.go.id.[11 Februari 2017]

Hendayana, Rachmat. (2003) Aplikasi Metode Location Quotient (LQ) dalam Penentuan Komoditas Unggulan Nasional.JurnalInformatikaPertanian, Vol. 12 Desember 2003: 1–21, dari: Academic ResearchLibrary. [18 Agustus 2017].

Mawardi, I. 1997. Daya Saing Indonesia Timur Indonesia dan PengembanganEkonomi Terpadu. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan PeneranganEkonomi dan Sosial: Jakarta.

Rusastra, dkk. 2000. Pembangunan Ekonomi Pedesaan Berlandaskan Agribisnis.Monograph Series No 23: Semarang.

Syahroni, Muhammad. 2005. Analisis Strategi Pengembangan KomoditasUnggulan Agribisnis di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat.Tesis S-2 Program Pasca Sarjana Manajemen dan Bisnis IPB: Bogor.

Tulus, Tambunan. 2001. Perekonomian Indonesia. Ghalia Indonesia: Jakarta

Full Text: PDF