Open Conference Systems - Universitas Tanjungpura, Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 2019

Font Size: 
STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN PASAR TRADISIONAL PERBATASAN, SESUAI DENGAN POTENSI DAN MASALAH YANG DIMILIKI (STUDI KASUS DI ENTIKONG, SANGGAU, KALIMANTAN BARAT)
Zul Fahmi, Heri Yadi

Last modified: 2019-11-19

Abstract


Ketika pemerintah hadir memfasilitasi kebutuhan akan pasar di Perbatasan Entikong timbul permasalahan baru yakni masalah Sumber daya Manusia (SDM) yang harus di tata kelola terutama mengenai strategi yang dibutuhkan agar pemasaran yang diterapkan akan melahirkan kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan layanan yang di tawarkan, Pendekatan Penelitian ini meggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis SWOT dan SPACE, populasi dan sampel digunakan untuk kebutuhan wawancara secara mendalam yaitu masyarakat pengguna jasa pasar tradisional dan pedagang yang sudah sangat mengenal karateristik pasar di daerah perbatasan Entikong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada beberapa strategi pemasaran yang sebaiknya dilakukan oleh Pedagang, Strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh Pedagang yakni melaui penetapan Strategi Pertumbuhan Intensif. Pada strategi ini meliputi strategi pengembangan produk, strategi diverisifikasi, strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan pasar. Studi ini memiliki berberapa keterbatasan yang meliputi jumlah sampel dan daerah penelitian diperbatasan yang cukup luas dan mempunyai permasalahan yang kompleks, sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini.

Keywords


kepuasan pelanggan, pelayanan, kepuasan kosumen, pemasaran, SWOT, SPACE

Full Text: PDF